Oleh: Dimas Praslisetyo
Tim OIF UMSU
Tidak semua orang tahu bahwa China-lah yang menemukan sebuah kompas. Kompas pertama dikenal sebagai kompas kereta atau mungkin lebih dikenal sebagai kereta yang mengarah ke selatan. Alat tersebut adalah alat bantu navigasi yang asal usulnya agak diselimuti legenda dan misteri. Legenda mengatakan bahwa ketika Huangdi (Kaisar Kuning) dan pemimpin suku Chi You berperang, memerintahkan Menteri Feng Hou untuk menciptakan kompas kereta yang akan memungkinkan dia menemukan jalan melalui kabut tebal dan mengalahkan musuhnya.
Dalam sejarahnya, pada Dinasti Liu Song dari Dinasti Selatan Cina. Teks abad ke-6 itu ditulis pada tahun 492–493 oleh Shen Yue dari dinasti Qi Selatan (479–502), Song Shu (Book of Song), diterjemahkan oleh ilmuwan dan sejarawan Inggris Joseph Needham, menjelaskan bahwa Kereta yang mengarah ke selatan pertama kali dibangun oleh Adipati Zhou (awal milenium ke-1 SM) sebagai sarana untuk membawa pulang utusan-utusan tertentu yang telah tiba dari jarak yang sangat jauh di luar perbatasan. Negara yang akan dilalui adalah dataran tanpa batas, di mana orang kehilangan arah ke timur dan barat, sehingga (Adipati) menyebabkan kendaraan ini dibuat agar para duta besar dapat membedakan utara dan selatan.
Gambar kereta yang mengarah ke selatan dari Sancai Tuhui (pertama kali diterbitkan 1609)
Sebenarnya, prinsip kompas dan Kereta yang Mengarah ke Selatan tidaklah sama. Kompas bekerja melalui jarum magnet yang menunjuk ke kutub magnet bumi. Sedangkan Kereta yang Mengarah ke Selatan adalah mekanisme kereta dengan roda jalan yang berputar. Penunjuk yang terdapat diatas kereta diarahkan ke selatan pada awal perjalanan. Selanjutnya, setiap kali kereta berputar, mekanisme memutar penunjuk relatif ke badan kereta untuk melawan putaran dan menjaga penunjuk tetap mengarah ke arah yang konstan, ke selatan.
Karena catatan sejarah, Cina adalah negara pertama di dunia yang menemukan fenomena ini. Orang Cina kuno menggunakan metode ini selama periode Negara-Negara Berperang (475-221 SM), dan dilanjutkan dengan penemuan sinan atau sendok kompas yang dianggap sebagai nenek moyang kompas kontemporer.
Gambar Kompas Si Nan atau Kompas Sendok
Kompas Sinan berbentuk seperti sebuah sendok dengan bagian bawah halus yang memungkinkan terjadinya rotasinya pada alas yang ditandai dengan empat titik mata angin pada kompas. Saat diletakkan di atas alas, gagang sendok akan mengarah ke selatan. Pada tahun 1940-an sejarawan ilmiah Wang Zhenduo (1911-1992) menciptakan model sendok kompas berdasarkan prinsip ini. Tetapi karena pembuatan jenis ini rumit dan tidak nyaman, kompas standar menggantikannya dan masih digunakan sampai sekarang,
Kompas membawa sebuah revolusi navigasi, itulah sebabnya mengapa hal itu sangat penting. Penggunaannya dalam navigasi dimulai menjelang akhir Dinasti Song Utara (960-1127), dan mendorong pengembangan navigasi di Dinasti Song Selatan (1127-1279) dan Yuan (1271-1368). Kompas memungkinkan para pelancong untuk menggambar peta navigasi dan buku-buku bahari, dan merupakan instrumen yang sangat diperlukan dalam pelayaran ekspedisi Zheng He selama Dinasti Ming (1368-1644).
Kompas navigasi Cina, bagaimanapun, berbeda karena terdiri dari jarum yang mengambang di mangkuk air, itulah sebabnya ia dikenal sebagai kompas air. Orang Eropa kemudian memperbaikinya dengan menempatkan jarum pada penyangga tetap. Itu kemudian disebut dalam bahasa Cina sebagai “kompas kering.”
Gambar Kompas Air
Selama Dinasti Song Selatan, para pedagang Arab dan Persia sering menaiki kapal-kapal Cina yang kembali ke Cina untuk berbisnis, hingga mereka begitu mengenal kompas dan membawanya masuk ke Eropa melalui negara-negara Arab pada paruh kedua abad ke-12. Penemuan Cina, termasuk kompas, yang menyebar ke Barat memberikan dasar material dan teknis untuk Renaisans Eropa (Abad Pembaharuan Eropa). Mereka juga memungkinkan transformasi benua dari masyarakat feodal menjadi kapitalis. Oleh karena itu, penemuan orang Cina kuno, termasuk kompas, adalah pencapaian ilmiah yang luar biasa yang harus dibanggakan oleh orang-orang Cina dan yang harus dikagumi oleh orang-orang di dunia.
-oo0oo-